Home / Corona / 1 Triliun Sri Mulyani Minta Kementerian Desa Pangkas Anggaran Rp 1 Tangani Corona

1 Triliun Sri Mulyani Minta Kementerian Desa Pangkas Anggaran Rp 1 Tangani Corona

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyatakan, Menteri Keuangan meminta untuk melakukan pemangkasan anggaran demi menangani pandemi corona atau Covid 19. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, pada tanggal 17 April 2020, pihaknya mendapat surat dari Kementerian Keuangan. "Isinya untuk melakukan perubahan dari yang semula kita mendapatkan pagu 512 miliar untuk pengurangannya.

Di surat Menteri Keuangan yang kita terima tanggal 17 April, kita diminta untuk melakukan pengurangan Rp 1,123 triliun," ujarnya saat rapat virtual bersama Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (21/4/2020). Menurut Abdul, pemangkasan tahap kedua ini membutuhkan satu perjuangan yang cukup berat bagi Kementerian Desa karena untuk Rp 512 miliar sudah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian, ia menyampaikan, ada surat terbaru yang isinya harus menambah pengurangan anggaran lagi sekira Rp 700 miliar.

"Ketika kita melakukan pelaksanaan, selalu ketemu defisit karena memang kita sudah melaksanakan realisasi kegiatan itu sampai dengan 20 April. Memang ada beberapa hal yang sudah direalisasi, ada yang sudah penandatanganan kontrak, kemudian ada penarikan dan seterusnya," kata Abdul. Adapun, jika kemudian Kementerian Desa melakukan pelaksanaan lagi dengan kondisi yang ada maka diyakini situasinya akan pada posisi defisit atau minus. "Nah ini kita lagi upayakan untuk bisa memenuhi Rp 1,123 triliun dengan tetap mempertimbangkan untuk mempertahankan belanja gaji dan tunjangan untuk pegawai, dan lainnya. Batas akhir 25 April harus serahkan rincian jelas mana yang harus lakukan penghematan Rp 1,123 triliun," pungkasnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

128.776 Kasus Positif 5.824 Meninggal 83.710 Sembuh Update Corona Indonesia 11 Agustus 2020

Pemerintah kembali merilis update data terkaitpenanganan virus corona (Covid 19) di Indonesia. Dilansir darilaman , …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *