Home / Nasional / 7 Tokoh Besar Indonesia Berpulang di 2019 Ani Yudhoyono hingga BJ Habibie KALEIDOSKOP 2019

7 Tokoh Besar Indonesia Berpulang di 2019 Ani Yudhoyono hingga BJ Habibie KALEIDOSKOP 2019

Berikut ini kaleidoskop 2019, tujuh tokoh besar Indonesia yang berpulang pada tahun ini. Kabar kepergian ustaz kondang, KH Arifin Ilham, pada Mei 2019 lalu mengejutkan banyak orang. Arifin Ilham meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker nasofaring yang dideritanya.

Tak hanya Arifin, meninggalnya Ani Yudhoyono hingga BJ Habibie juga meninggalkan banyak duka di masyarakat. Ani Yudhoyono meninggal di National University Hospital Singapura pada Juni 2019. Saat itu, seluruh keluarganya mendampingi di ICU.

Sementara BJ Habibie, mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebrotopada Rabu (11/9/2019). Habibi berpulang setelah dirawat selama 10 hari. Ustaz KH Arifin Ilham meninggal pada Rabu (22/5/2019) setelah menjalani perawatan di Penang, Malaysia.

Kabar kepergian ustaz kondang ini pertama kali diberitakan oleh putra sulungnya, Muhammad Alvin Faiz di akun Instagram @alvin_411. Satu hari setelah kepergiannya, jenazah Arifin Ilham dimakamkan di halaman Masjid dan Pondok Pesantren Az Zikra di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019) malam. Mengutip , ribuan pelayat hadir mengiringi pemakaman Arifin Ilham.

Satu bulan sebelum meninggal, Arifin Ilham sempat mengunggah sebuah video di Instagram pribadinya. Dalam keterangan yang ditulis, Arifin menuliskan wasiat terkait pemakaman dirinya jika lebih dulu menghadap Allah SWT. Arifin menyebutkan, ia ingin disalatkan di Masjid Az Zikra Sentul dan Masjid Gunung Sindur.

Dilansir , ia juga mengungkapkan agar jenazahnya dimakamkan di samping Masjid Gunung Sindur. InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya ," bunyi sebagian keterangan yang ditulis Arifin Ilham, Senin (29/4/2019)

Kabar Arifin Ilham mengidap penyakit kanker getah bening dan nasofaring pertama muncul pada akhir 2018. Mengutip , sempat dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di Penang, Malaysia, Arifin Ilham harus kembali menjalani perawatan. Sejumlah tokoh, Prabowo Subianto hingga Joko Widodo, datang menjenguk Arifin yang saat itu dirawat di RSCM Kencana.

Istri Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhyono, meninggal di National University Hospital Singapura pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu setempat. Dilansir , seluruh keluarga mendampingi Ani saat berada di ICU hingga mengembuskan napas terakhirnya. Ibu dua putra ini meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya.

Mengutip , dokter kepresidenan saat itu, Mayor Jenderal TNI Terawan Agus Putranto, mengungkapkan kondisi terakhir Ani. Terawan menjelaskan, Ani Yudhoyono sengaja ditidurkan karena sempat mengalami gagas napas. “Dalam kondisi tidak sadar karena beliau sebelumnya memang ditidurkan,” ujar Terawan, Sabtu (1/6/2019).

“Sejak kemarin (Kamis 31 Mei 2019) pakai respirator. Sudah berlangsung usaha untuk mensupport beliau." "Upaya maksimal tidak membawa hasil karena kehendak Yang Maha Kuasa untuk Ibu,” lanjutnya. Sebelum meninggal, Ani Yudhoyono sempat mengungkapkan keinginannya jika telah sembuh.

Hal ini diungkapkan SBY di rumah duka Cikeas, Bogor, pada Minggu (2/6/2019). "Cita citanya banyak. Kalau sembuh ingin antar anak, cucu, antar cucu ke sekolah." "Ingin fotografi, bisa bertemu masyarakat dan bebas dari kepentingan politik apa pun," kata SBY, dilansir .

Mertua dari Annisa Pohan ini dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, meninggal di Guangzhou, China pada Minggu (2/7/2019) waktu setempat. Pria yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya ini mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuan melawan kanker paru paru yang diidapnya.

Mengutip , sosok Sutopo di mata putranya, Ivanka Rizaldi Nugroho, merupakan pribadi pemaaf, baik, penyabar, dan bertanggungjawab pada pekerjaannya. Tak hanya itu, Ivanka menyebutkan sang ayah selalu melakukan sesuatu bukan hanya untuk kepentingan pribadi. "Semua yang dia lakukan itu buat sesuatu kepentingan yang lebih besar," terang Ivanka usai prosesi pemakaman sang ayah di Boyolali, Senin (8/7/2019).

Tak hanya itu, Sutopo juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan keluarga. Apabila sedang bertugas di daerah Soloraya, maka Sutopo akan memilih tidur di rumah orang tuanya, Boyolali, ketimbang menginap di hotel. "Konteksnya kalau kebetulan tugas di Soloraya atau di kawasan Semarang dan sekitarnya yang bisa dijangkau dengan kendaraan," terang perwakilan keluarga besar Sutopo, Joko Prabowo, Senin, dilansir .

"Ya kalau tugas sudah selesai, beliau tiba tiba mengabarkan bapak/ibu untuk pulang dan tidur di rumah." "Kan itu bentuk kedekatan dan birrul walidain (berbakti kepada orangtua) juga," imbuhnya. Lebih lanjut Joko menjelaskan, Sutopo Purwo Nugroho tidak pernah melupakan asal usul dan saudaranya semasa hidup.

"Sangat ramah, tidak ada perbedaan beliau udah jadi pejabat BNPB dengan Sutopo yang sebelumnya," terangnya. Penyanyi Raisa Andriana pun mengungkapkan kesedihannya saat mendengar kabar Sutopo meninggal. Diketahui, Sutopo merupakan penggemar Raisa dan mereka berhasil bertemu setelah tagar #RaisaMeetSutopo mendapat respons dari istri Hamish Daud ini.

“Kalau ditanya sih sedih banget. Banyak juga orang yang tanya ke aku, orang yang nge tag aku, di video yang kami ketemu." "Hati aku merasa berat dan sedih,” katanya ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019), dilansir . “Dan yang pasti beliau menginspirasi untuk ada lagi orang orang yang berdedikasi terhadap pekerjaan yang membantu orang, membantu korban bencana seperti beliau."

"Jadi meninggalkan legacy yang luar biasa buat penerus penerusnya,” tandasnya. Sastrawan Arswendo Atmowiloto meninggal pada Jumat (19/7/2019) pukul 17.50 WIB. Dikutip dari , putri ketiga Arswendo, Tiara, menceritakan sang ayah meninggalm dalam keadaan tenang, baik dan tersenyum.

"Memang sudah sakit lama, sakit kanker kandung kemih dan sudah cukup lama. Sudah setahunan lebih," kata Tiara, Jumat. "Dan hari ini sekitar pukul 17.30 WIB meninggal. Meninggalnya tenang, baik, senyum, dan sekarang sudah enggak sakit lagi," imbuhnya. "Baik baik aja semua. Pokoknya memang sudah kehendak Tuhan. Sudah jalannya demikian," ungkap dia.

Semasa hidup, pria yang juga seorang jurnalis senior ini selalu mengajarkan anak anaknya untuk bersyukur dalam kondisi apapun. Juga, Arswendo berpesan pada keluarganya agar berbuat baik kepada orang lain. Dilansir , Tiara mengungkapkan harapan sang ayah pada anak anaknya, yaitu tetap rukun dan kompak.

"Bapak ingin kami untuk tetap rukun satu sama lain, antar kakak, adik tetap kompak. Tidak muluk muluk, harapannya itu," kata Tiara, Sabtu. Penulis Keluarga Cemara ini dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat pada Sabtu (20/7/2019). Pada Jumat (6/12/2019) lalu, Arswendo Atmowiloto mendapat penghargaan Life Achievement dari Panasonic Gobel Awards 2019 atas karya karyanya semasa hidup.

Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama (NU), KM Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen, meninggal di Mekkah pada Selasa (6/8/219) waktu setempat saat melaksanakan ibadah haji. Kepergian Mbah Moen menyisakan duka di semua umat beragama. Mengutip , sejumlah umat Katolik di Mojokerto menggelar doa untuk melepas kepergian Mbah Moen.

Tak hanya itu, Persatuan Gereja Indonesia (PGI) juga menyampaikan duka mendalam atas kepergian Mbah Moen. "Atas nama gereja gereja di Indonesia, saya menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya Kiai Kharismatik KH Maimoen Zubair (Mbah Moen)," kata Sekretaris Umum PGI, Pdt Gomar Gultom, Selasa. Gultom menuturkan, Mabh Moen patut menjadi teladan bagi ulama dan tokoh agama di Indonesia.

Ia menilai Mbah Moen sebagai sosok yang selalu memberi keteduhan. "Mbah Moen adalah sosok Kiai yang patut menjadi teladan bagi ulama dan tokoh agama yang ada di Indonesia. Beliau selalu hadir dengan keteduhan." "Olehnya, kepergian beliau tidak hanya kehilangan bagi PPP maupun NU, tidak juga hanya kehilangan bagi umat Islam, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia," terang Gultom.

Sebelum Mbah Moen meninggal, Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengaku menjadi tamu terakhir sang ulama. Agus mengaku ia sempat mengunjungi Mbah Moen di sela sela banyaknya tamu yang sowan ke kiai kharismatik ini. “Sebagai santri beliau saya sowan ke tempt beliau, beliau banyak bercerita tentang Islam Indonesia yang moderat."

"Di akhir percakapan beliau mengatakan, Kang Maftuh, sampeyan adalah tamu terakhir saya,” ungkap Maftuh saat memberikan sambutan di depan jenazah almarhum, Selasa, dilansir . Jenazah Mbah Moen dimakamkan di Mekkah, sesuai keinginannya. Staf Khusus Presiden Bidan Keagamaan Dalam Negeri, Abdul Ghaffar Rozin atau Gus Rozin mengatakan Mbah Moen pernah mengatakan ingin dimakamkan di Ma'la, Mekkah jika wafat.

"Almarhum pernah menyampaikan kalau wafat di Mekkah ingin dimakamkan di Ma’la," ujar Gus Rozin, dilansir . Presiden RI ke 3 BJ Habibie mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019). Habibie meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit selama 1 hari.

Mengutip , putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie, menceritakan sang ayah meninggaldunia ketika dikelilingi oleh keluarga. "Saya kira itu lah alasan hari ini kita melihat bapak wajahnya seperti tersenyum." "Bapak itu meninggal dalam kebahagiaan dan merasa bukan saja mencintai orang, tapi juga dicintai orang," terang Ilham, Kamis (12/9/2019).

Tak hanya sebagai sosok cerdas dan berdedikasi tinggi, BJ Habibie juga dikenal sangat mencintai sang istri, Hasri Ainun. Cinta Habibie pada Ainun masih terasa meski sang istri telah berpulang lebih dulu pada Mei 2010. Dilansir , staf pengelola TMP Kalibata, Irwansyah, mengungkapkan Habibie selalu mengunjungi makam Ainun tiap Jumat.

Ia juga tak lupa membawa bunga sedap malam untuk diletakkan di atas pusara Ainun. "Sering memang Bapak ke makam Ibu (Ainun), tiap hari Jumat. Tadinya 40 hari, 100 hari, eh ternyata terus terusan," ujar Irwansyah,Kamis. "Itu saking sayangnya sama istrinya. Akhirnya ya tiap Jumat Bapak (Habibie) datang," imbuh dia.

Sosok presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao berduka atas kepergian Habibie. Xanana menyebut Habibi sebagai kakak tertuanya. Dikutip dari , pendiri Timor Leste ini juga terlihat berziarah ke makam Habibie pada Minggu (15/9/2019).

Sebagai bentuk penghormatan pada BJ Habibie, sebuah patung sang tokoh dibuat di Gorontalo. Patung tersebut diresmikan oleh Ilham Habibie pada Senin (25/11/2019). Seniman Djaduk Ferianto meninggal pada Rabu (13/11/2019) pukul 02.30 WIB setelah sempat mengeluh badannya kesemutan.

Hal tersebut disampaikan Board Creative Ngayogjazz, Novindra Dirantara. "Di rumah sempat tidur, lalu terbangun dan merasa kesakitan. Jam 02.30 meninggal di rumah," terang Vindra, mengutip . "Saat bangun, beliau merasa kesemutan di tubuh dan bicaranya sudah enggak jelas," imbuh dia.

Sang kakak, Butet Kartaredjasa, mengungkapkan Djaduk meninggal di pangkuang sang istri. "Djaduk meninggal dunia di pangkuan istrinya," kata Butet. Dikutip dari , dokter dari RS JIH sempat memeriksa kondisi Djaduk dan menyatakan pria asal Yogyakarta ini meninggal dunia.

Djaduk Ferianto merupakan penggagas acara musik tahunan Ngayogjazz. Pada 2019, Ngayogjazz telah memasuki tahun ke 13. Mengutip , Djaduk memadukan unsur musik modern dan tradisional bersama grup Kua Etnika dan Sinten Remen.

Ia juga dikenal aktif sebagai anggota Teater Gandrik. Jenazah Djaduk dimakamkan di pemakaman keluarga di Sembungan, Kasihan, Bantul.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Siapkan 3 Tahapan hingga Tanggapan Menteri ESDM FAKTA Rencana Pertamina Hapus Premium & Pertalite

PT Pertamina (Persero) berencana menghapus penggunaanbahan bakar minyak (BBM) yang memiliki nilai oktan rendah. Yakni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *