Home / Sains / Ahli Psikologi Ungkap Rasa Takut VS Rasa Penasaran Pada Cerita Horor KKN di Desa Penari Viral

Ahli Psikologi Ungkap Rasa Takut VS Rasa Penasaran Pada Cerita Horor KKN di Desa Penari Viral

Menanggapi viralnya kisah KKN di Desa Penari membuktikan bahwa tingginya respons masyarakat terhadap kisah horor dan selalu mendapat panggung. Media sosial tengah ramai membahas tentang kisahhoror kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penari yang di posting di akun @SimpleMan baru baru ini. Adapun kisah itu mengulas 6 pelajar yang tengah melangsungkan kegiatan KKN selama 6 minggu untuk menyelesaikan salah satu mata kuliah.

Tidak lama kemudian, twit itu berkali kali dibagikan oleh pengguna Twitter lainnya, bahkan warganet pun membagikan kisah itu di Facebook dan Instagram. Kisah kisah horor selalu memiliki panggung dan mendapat banyak respons yang tidak sedikit dari warganet. Salah satunya vlog #JURNALRISA yang menampilkan kunjungan dirinya mengulas tempat tempat yang dianggap seram dan berhantu.

Tidak kurang dari 3 hari, video tersebut sudah mampu menancap di trending YouTube. Menanggapi hal itu, Guru Besar Psikologi Universitas Gadjah Mada, Prof Koentjoro mengungkapkan bahwa tingginya respons masyarakat terhadap kisah kisah horor diakibatkan karena adanya rasa percaya terhadap hal gaib. "Jin itu menurut agama itu ada. Tetapi, apakah yang ada dalam vlog atau kisah horor ini beneran bisa disebut jin?" ujar Koentjoro saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/8/2019).

Ia pun memberikan permisalan, yakni adanya sepeda Nabi Adam di Jeddah, Arab Saudi. Beberapa orang ada yang percaya bahwa sepeda itu benar ada dan dipakai Nabi Adam pada masanya. Di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa menurut logika, zaman Nabi Adam belum ada teknologi atau penemuan sepeda.

"Nah, karena sudah percaya, akhirnya masyarakat secara langsung sudah ada dua golongan, dari kelompok percaya dan kelompok tidak percaya," ujar Koentjoro. Selain itu, adanya platform media sosial memberikan efek echo chamber (pengulangan hal dalam sistem tertutup) yang membuat kisah horor semakin populer bagi masyarakat. "Akibatnya, apabila ada echo chamber berarti ada saling penguatan antara kelompok yang percaya, akhirnya yang tidak terjadi menjadi terjadi (ada)," ujar dia.

Jadi, menurut Koentjoro kisah kisah horor yang viral di media sosial merupakan permainan fiksi atau permainan menipu dari Bayes Kognitif (dua penafsiran berbeda). Kemudian, kehadiran vlog dan kisah horor di media sosial mudah diterima masyarakat Indonesia, sebab mereka menyukai rasa penasaran, meski ada juga rasa takut dalam diri. Misalnya, masyarakat yang tergabung dalam kelompok "percaya" akan hal gaib membuat rasa penasaran itu muncul.

Meski adanya rasa ingin tahu atau rasa penasaran dan mencoba mencari tahu dengan menonton vlog horor atau membaca kisah horor, hal itu dianggap wajar dalam ilmu psikologi. "Barangkali ada displacement atau pengalihan obyek, dengan sesuatu yang tidak biasa. Sementara yang di vlog kan suatu yang biasa," ujar Koentjoro. "Vlog menjadi sesuatu yang biasa, apakah itu permainan kamera atau lampu, yang menimbulkan rasa ingin tahu penonton," lanjut dia.

Dengan demikian, Koentjoro menjelaskan bahwa masyarakat dalam memandang kisah horor dalam versi tulisan atau video menimbulkan rasa ingin tahu. Walaupun mereka tergolong dalam kategori percaya dan tidak percaya. (Kompas.com/Retia Kartika Dewi/Sari Hardiyanto) Sumber :

Berbagai cara netter tanggapi cerita viral KKN Desa Penari di daerah Jawa Timur. Ada yang bikin meme lucu dalam tanggapi cerita ini. KKN Desa Penari masih jadi perbincangan hangat di Tanah Air. Cerita horor ini bermula dari sebuah utas yang dipublikasikan oleh akun Twitter @SimpleM81378523 .

Disusun secara detil bak sebuah novel, utas ini pun akhirnya ikut populer di Instagram. Tak ada yang menyangka cerita ini jadi makin viral. Apalagi setelah YouTube Raditya Dika ikut membahas soal ini.

Cerita ini pun makin laris manis. Awalnya kisah KKN horor berujung tragis ini diceritakan dari sudut pandang tokoh bernama Widya. Namun belakangan muncul pula cerita dari sudut pandang tokoh bernama Nur.

Kisah yang banyak dibicarakan ini pun tuai beragam reaksi dari netizen Indonesia. Netizen Indonesia kembali meriahkan kisah ini lewat tagar 'KKN Desa Penari'. Berikut ragam reaksi netizen atas cerita horor ini:

Badarawuhi diketahui adalah sosok makhluk halus yang terdapat dalam kisah ini. Bukannya takut dan merasa cukup dengan 2 versi kisah KKN Desa Penari, netter malah minta versi kisah dari Badarawuhi. Namun di antara para pemberani, ada juga netter yang sebenarnya takut tapi memaksa membaca sehingga sulit tidur.

Apakah kamu termasuk? Selain susah tidur, ada juga yang merasa paranoid dan insecure . Netter pun banyak berharap kisah ini diangkat ke layar lebar.

Saking kreatifnya, netter sampai bikin posternya. Dalam kisah ini ternyata tak hanya tokoh sentra nya saja yang jadi perhatian netter . Tokoh tokoh lain seperti Kang Cilok pun curi perhatian sampai dibuat meme nya.

Netter bahkan bikin list casting KKN Desa Penari dalam berbagai variasi. Buat kamu yang penasaran dan cukup berani untuk membaca, ada netter yang berbaik hati nih memberi link utasnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ini Penjelasan Ahli Munculnya Ribuan Cacing Tanda Gempa atau karena Pengaruh Disinfektan

Ribuan cacing tanah keluar ke permukaan di Kota Solo dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hebohkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *