Home / Otomotif / Bisa Dilakukan Sendiri! Ini Cara Mudah Tangani Mobil yang Terendam Banjir Tak Perlu menuju Bengkel

Bisa Dilakukan Sendiri! Ini Cara Mudah Tangani Mobil yang Terendam Banjir Tak Perlu menuju Bengkel

Tanpa perlu ke bengkel, ini cara menangani mobil yang terendam banjir. Banjir parah di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya turut membuat banyak mobil dan kendaraan bermotor lainnya ikut terendam. Tak sedikit pula yang hanyut terbawa derasnya arus banjir.

Hujan lebat yang terjadi di kawasan Jabodetabek pada Rabu (1/1/2020), telah menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah dan menyebabkan sejumlah kerugian. Kejadian banjir membuat banyak mobil terendam air bahkan hanyut. Bila hal ini terjadi pada mobil Anda, segera lakukan tindakan untuk menghindari kerusakan yang makin parah.

Sebab, menunda perbaikan sama artinya dengan memperparah kerusakan mobil. Marketing Director CARfix Fadly Hasan, mengatakan, jika penanganan terhadap mobil yang kena banjir dapat dilakukan sendiri di rumah. Bila mobilterendam banjir, penanganan dan perbaikannya tidak bisa sembarangan karena bisa menyebabkan kerusakan makin parah. Ujungnya kerugian semakin besar akibat kerusakan mobil.

"Harapan kami semoga ini bisa membantu penanganan pertama mobil Anda,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com , Jumat (3/1/2020). Fadly mengatakan,carapaling pertama yaitu jangan menghidupkan atau starter mobil yang sudah terendam banjir. Sebab Jika dipaksa di starter, besar kemungkinan akan korslet pada bagian kelistrikan. Daripada di starter, pemilik mobil disarankan untuk melepas kabel aki. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting.

“Lakukan mulai dari bagian minus. Kalau sudah bisa dilanjutkan dengan membersihkan eksterior dan interior mobil dari lumpurtanpamenghidupkan mesin, terutama karpet bawah dan jok,” ucap Fadly. Sambil menunggu proses pengeringan bagian interior, silakan mengecek bagian mesin. Pertama dapat dilakukan dengan membuka filter udara dan seluruh busi. Bila ada, manfaatkan angin dari kompresor untuk membersihkan filter dan busi. “Cek kondisi oli mesin. Buang oli mesin dan biarkan baut tetap terbuka. Setelah terendam banjir, biasanya pelumas tercampur dengan air sehingga harus diganti,” katanya.

“Cek tangki bahan bakar. Pastikan bensin/solar tidak tercampur air. Jika tercampur air, buang dan bersihkan tangki. Bila kesulitan menguras tangki, silahkan menghubungibengkelterdekat,” ujar Fadly. Setelah memastikan komponen komponen tersebut kering dan bersih, isi mesin dengan pelumas baru. Lalu pasang filter angin baru, lalu pasang kembali kabel aki yang telah dilepas tadi. Viral mobil BMW hanyut terbawa banjir Jakarta, pemilik kebingungan mencari, endingnya ditemukan nyangkut di pohon!

Sebuah video viral menunjukkan kekuatan banjir di Jakarta yang mampu menghanyutkan puluhan mobil. Salah satu video yang paling mencuri perhatian adalah hanyutnya sebuah mobil mewah BMW hingga membuat pemilik kebingungan mencari. Banjir besar tengah melanda daerah Jakarta dan sekitarnya.

Bencanabanjirmelanda sejak Selasa (31/12/2019). Hingga Kamis, (2/1/2019) masih ada beberapa wilayah yang airnya belum surut. Selain memakan korban jiwa,banjirjuga mengakibatkan kerugian material.

Banyak kendaraan baik mobil maupun motor yang terseret air banjir. Terseretnya kendaraan karenabanjirini pun menjadi sorotan warganet. Banyak video maupun foto yang viral mengenai hal itu.

Video yang memperlihatkan mobil mewah hanyut terkenabanjiritu ramai dibicarakan. Seperti video yang diunggah oleh pemilik akunTwitterbernama @ridwanhr pada Selasa (31/12/2019). Perekam video nampak menunjukkan kondisibanjirdi Perumahan Laverde, Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam video tersebut terlihat mobil mobil tenggelam hingga terseret karenabanjir. "Banjirnya naudzubillah, masuk sampe depan rumah ya Allah," ujar pria perekam video. Tak berselang lama, dalam video terlihat mobilBMWseri 3 hanyut terseretbanjir.

"MobilBMWhanyut! mobilBMWhanyut! mobilBMWhanyut! Innalillahi," ujarnya lagi. Sontak saja postingan tersebut viral dan sudah dibagikan oleh 22 ribu dan disukai lebih dari 35 ribu pemilik akunTwitter. Saking viralnya, bahkan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea turut membagikan video hanyutnya mobil BMW karena banjir tersebut.

"Titip mobil super car hotman! Masih di bali," tulisnya dalam postingan Instagramnya yang diunggah pada Rabu (1/2/2020). Viralnya mobilBMWyang hanyut tersebut membuat warganet penasaran terkait siapa pemiliknya. Beberapa akunTwitternampak membagikan tangkapan layar percakapan WhatsApp seorang wanita bernama Sagita.

Sagita diduga adalah pemilik mobil BMW yang viral tersebut. Ia meminta tolong bagi warga yang melihat mobilBMW nya untuk memberikan informasi di mana keberadaannya. "Pak, bu, kalau depan rmh nya ada yg lihat mobilBMWnyasar.

Mobil sy hanyut. Mohon info nya," isi pesan WhatsApp wanita bernama Sagita tersebut. Kini, tak lama setelah video mobilBMWterseret arusbanjirviral, kendaraan mewah tersebut pun berhasil ditemukan. Video serta foto yang menunjukkan keberadaan mobilBMWkembali viral di media sosial.

Mobil mewah tersebut berhasil di evakuasi. Kondisinya saat ditemukan menjadi sorotan dan menjadi perbincangan. Mobil tersebut rupanya tersangkut pada pohon.

Video yang menunjukkan ditemukannya mobilBMWturut diunggah oleh pemilik akun @HelizzaF. Dalam video tersebut tak hanya menunjukkan mobilBMWyang tersangkut pohon, melainkan ada juga mobil lain yang ikut hanyut.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Dibanderol dari Harga dari Rp 80 Juta Harga Mobil Bekas MPV Premium Makin Turun

Harga mobil bekas merek Toyota Previa kini makin murah. DatapricelistdiGridoto.commenunjukkan harga mobil bekas Toyota Previa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *