Home / Kesehatan / Bukan hanya Buat Cedera Ini Manfaat Berendam di Air Es Bagi Tubuh Menurut Fisioterapis

Bukan hanya Buat Cedera Ini Manfaat Berendam di Air Es Bagi Tubuh Menurut Fisioterapis

– Untuk mengembalikan kondisi tubuh, para pesepakbola kerap mendapatkan arahan dari tim medis untuk berendam di air es atau yang umum disebut terapi es. Mantan fisioterapis Timnas U 19, Lutfinanda Amary Septiandi menjelaskan, terapi es bagus untuk mengembalikan kondisi fisik usai menjalani latihan atau pertandingan. “Jadi penggunaan ice sangat bermanfaat bukan untuk cedera saja, kalau sesudah olahraga kan ada kenaikan suhu, itu pasti rasa capek, haus, itu terjadi ada kenaikan suhu. Dan berendam di air es itu bisa mengembalikan kondisi tubuh ke suhu normal,” ujarnya dalam live instagram bersama Superball, Jumat (26/6/2020).

Namun, berendam di dalam air es dikatakan pria yang kini menjabat sebagai fisioterapi PSS Sleman itu, tak bisa dilakukan sembarang waktu. Ia membagikan dua waktu yang tepat untuk melakukan terapi es khususnya saat persiapan jelang bertanding. “Harus diketahui, ada ice bath prematch dan post match. Anjuran itu dilakukan keduanya, tapi tidak boleh sembarangan waktu,”

“Jadi yang paling baik prematch setidaknya H 1 atau H 2 sebelum pertandingan itu fungsinya sebagai persiapan dan ice bath lagi setelah match. kalau di stadion ada loker room yang menyediakan tempat ice bath itu akan bagus langsung dilakukan,” jelasnya. Lebih lanjut, ia mengatakan apabila saat berendam ada organ tubuh yang merasa pegal itu merupakan respon dari cedera kecil lantaran selama menjalani kegiatan olahraga pembuluh darah melebar dan terapi es bisa meredakan itu.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ini Kata Pakar Soal Itu Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat Covid-19 Diwawancarai Anji

Unggahan video youtuber sekaligus musisiErdian Aji Prihartanto atau Anji menuai sorotan banyak orang. Sebab, pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *