Home / Kesehatan / Cegah Peradangan Hingga Menurunkan Kadar Gula Darah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Cegah Peradangan Hingga Menurunkan Kadar Gula Darah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda manfaat puasa untuk kesehatan? Selain ibadah, dengan memahami kebaikan puasa bagi tubuh, Anda mungkin jadi lebih bersemangat dalam menjalankan puasa. Puasa tidak hanya bermanfaat secara mental, tetapi juga secara fisik. Anda bisa mendapatkan pahala sekaligus menjaga kesehatan! Ketahui apa apa saja manfaat puasa untuk kesehatan di bawah ini:

Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius, seperti kanker, rheumatoid arthritis, penyakit jantung, dan sebagainya. Penelitian pada tahun 2012 mendapati bahwa puasa dapat menurunkan zat yang memicu peradangan, mengurangi lemak dalam tubuh, dan meningkatkan sirkulasi sel darah putih (leukosit). Puasa dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membuat penyaluran glukosa dari pembuluh darah ke dalam sel lebih efisien. Namun, efek penurunan kadar gula darah karena puasa mungkin dapat berbeda antara pria dan wanita. Hormon pertumbuhan merupakan hormon protein yang berperan dalam pertumbuhan, penurunan berat badan, metabolisme, dan kekuatan otot.

Manfaat puasa untuk kesehatan yang satu ini bukanlah lagi rahasia umum. Penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa puasa dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Puasa dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian yang dikonsumsi serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Pada penelitian yang diadakan tahun 2011, puasa dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif namun tidak menurunkan massa otot. Penelitian pada tahun 2010 menemukan manfaat puasa untuk kesehatan jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa puasa dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Bahkan pada penelitian tahun 2012, ditemukan bahwa terdapat penurunan kadar LDL dan kenaikan kadar HDL yang bertahap empat minggu setelah puasa ramadan. Manfaat puasa untuk kesehatan memang menggiurkan, tetapi terdapat juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat berpuasa di bulan Ramadan. Saat berpuasa, Anda akan rentan mengalami dehidrasi, karenanya perlu untuk selalu mengonsumsi air sebelum mulai berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Saat berpuasa Anda juga menjadi rentan untuk mengalami stres dan gangguan tidur. Dehidrasi, rasa lapar, dan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala saat berpuasa. Terkadang, puasa juga dapat menyebabkan sensasi terbakar pada uluhati (heartburn). Walaupun sebenarnya, kurangnya makanan di perut saat berpuasa dapat mengurangi asam lambung.

Namun, saat Anda mencium bau makanan atau memikirkan mengenai makanan selama berpuasa, otak dapat mengirimkan sinyal yang memicu perut untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung. Tetaplah menjaga kesehatan dengan memastikan asupan nutrisi saat berbuka puasa dan sahur. Semoga puasa Anda berjalan lancar.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Kenali Penyakit Preeklamsia yang Hanya Terjadi pada Saat Kehamilan

Ada penyakit yang hanya terjadi pada masa kehamilan saja, yang disebut dengan penyakit preeklamsia. Setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *