Home / Kesehatan / Ini Trik Memilih Banyak Masker Beredar yang Mana Paling Tepat buat Mencegah Infeksi Virus Corona

Ini Trik Memilih Banyak Masker Beredar yang Mana Paling Tepat buat Mencegah Infeksi Virus Corona

Masker jadi pilihan untuk mengantisipasi virus corona yang merebak saat ini. Penggunaan masker dipercaya dapat mencegah penularan virus corona dari penyebaran lewat udara. Tapi manakah yang bisa mengmelindungi kita dari infeksi virus, tak terkecuali corona?

Ini harus kita perhatikan baik baik. Sebab banyak diantara kita yang menggunakan masker bedah. Bukan untuk pencegah infeksi virus. Untuk diketahui, masker bedah biasa igunakan dokter saat operasi.

Masker bedah tentu kurang efektif untuk mencegah infeksi virus. Melansir dari The World Air Quality, berikut 4 jenis masker respirator yang lebih efektif untuk mencegah zat zat berbahaya. Masker yang paling umum dan harganya terjangkau ialah masker N95. Kode N95 berarti masker mampu menyaring paling sedikit 95% partikel di udara.

Dari semua hasil pengujian, N95 cukup baik untuk menyaring sebagian besar partikel. Untuk orang yang sensitif bisa menggunakan versi yang lebih baiknya lagi, yaitu N99. Sama seperti sebelumnya, N99 berarti masker mampu menyaring paling sedikit 99% partikel yang ada di udara.

Agar efisien sepenuhnya, pakailah masker dengan benar dan pastikan agar benar benar pas di wajah. Sebagian masker ini memiliki katup, yang lebih memberikan kenyamanan, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan bernapas saat mengenakan masker. Masker ini terbagi menjadi 3 tingkat penyaringan, yaitu FFP1, FFP2, dan FFP3.

FFP1 berarti menyaring setidaknya 80% partikel yang ada di udara, FFP2 berarti menyaring setidaknya 94% partikel yang ada di udara, dan FFP3 berarti menyaring setidaknya 99% partikel yang ada di udara. Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan bahwa FFP2 memiliki standar yang hampir sama dengan masker N95, sedangkan FFP3 sama dengan masker N99. Baca Juga: Masih Belia Tapi Berani Memutuskan Menjadi Pria Tulen daripada jadi Wanita, Sudah 2 Kali Operasi dari 4 Tahapan yang Direncanakan

Masker polusi sangat cocok digunakan di lingkungan perkotaan, terutama pada pengendara motor yang melewati lalu lintas di mana banyak sumber polusi dari kendaraan lainnya. Masker ini dilengkapi dengan dua katup untuk pernapasan lebih mudah, serta dengan filter yang dapat diganti. Rentang masa pakai filter kira kira 69 jam, jadi jika mengendarai motor selama 1 jam setiap hari, satu filternya dapat digunakan selama 3 bulan.

Masker ini terbuat dari neoprene, yang memiliki kelenturan elastis, serta dapat beradaptasi dengan berbagai fitur wajah sehingga bisa pas pada wajah siapa pun. Dari sisi penyaringan, kelebihan N99 CV dari N99 biasa ialah masker ini menggunakan kain filtrasi microfiber yang lebih halus dari kain biasa. Sebagian model masker ini dilengkapi dengan katup (mirip dengan respirator partikulat) untuk memberi kenyamanan yang lebih baik.

Itulah 4 jenis masker respirator untuk melindungi pernapasan dari zat zat berbahaya, ingin coba jenis yang mana? Artikel telah dipublikasikan GridHEALTH.id dengan judul

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Kemampuan Deteksi Virus Corona di Indonesia Tidak Merata Pakar Virus Eijkman

Pakar virus dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Herawati Sudoyo memastikan Indonesia memiliki kemampuan untuk mendeteksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *