Home / Metropolitan / Normalisasi Terhenti, Dua RW di Cipinang Melayu Masih Terancam Banjir

Normalisasi Terhenti, Dua RW di Cipinang Melayu Masih Terancam Banjir

Warga yang bermukim di RW 03 dan 04 Kelurahan Cipinang Melayu masih dihantui ancaman banjir. Padahal, Kali Sunter yang disebut menjadi sumber banjir pernah dinormalisasi namun terkendala karena pembebasan lahan di tahun 2014. LurahCipinangMelayuAgus Sulaeman mengatakan warganya sudah mengajukan permohonannormalisasidilanjutkan lewat Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang).

"Sudah diusulkan, itu kan berhenti proyeknya tahun 2014 terus belum lanjut lagi. Dari tahun 2014normalisasisudah diajukan lewat Musrenbang," kata Agus di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019). Agus menuturkan warganya mengajukan permohonannormalisasidilanjutkan karena terbukti efektif menuntaskan masalahbanjirdi wilayah KelurahanCipinangMelayu. Sebelum normalisasi, dia menyebut ada tujuh RW yang terdampak banjir luapan Kali Sunter, kini hanya tersisa RW 03 dan RW 04 yang masih kebanjiran.

"Dulunya ada tujuh RW yang kebanjiran dampak luapanKaliSunter, RW 10, RW 12, RW 11, RW 09, RW 05, 03, dan RW 04. Untuk yang lima RW sudah enggak kebanjiran karena sudah dinormalisasi," ujarnya. Lantaran bernasib sama, ketinggian air dan lama waktu surut saatKaliSunteryang merupakan hilir dari Kali Cikeas dan Kali Cisadane di RW 03 dan RW 04 serupa. Dini hari tadi, ketinggian air di dua RW tersebut sekitar 1,5 meter dan baru surut sekitar pukul 03.00 WIB sehingga memaksa empat warga mengungsi.

Menurutnya kedalamanKaliSunterdi wilayah yang belum dinormalisasi dengan yang sudah dinormalisasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berbeda. "Khusus buat yang belum dinormalisasi sekitar dua meter setengah, kalau yang sudah dinormalisasi ada sekitar 3 meter," katanya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Begini Kronologinya Praktik Peredaran Surat Swab Tes Palsu di Bandara Soekarno Hatta TERBONGKAR

Kasus praktik peredaran surat swab tes palsu terbongkar.Jajaran Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang berhasil mengungkap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *