Home / Otomotif / Nyalakan Lampu Tetap Fokus & Waspada hingga Jaga Emosi 10 Tips Aman Berkendara saat Hujan Deras

Nyalakan Lampu Tetap Fokus & Waspada hingga Jaga Emosi 10 Tips Aman Berkendara saat Hujan Deras

Cuaca hujan sedang hingga lebat disertai petir mulai mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Tak jarang, beberapa wilayah terjadi banjir karena curah hujan yang tinggi, termasuk di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, cuaca hujan juga berpengaruh pada kondisi jalanan termasuk bagi pengendara.

Nah, ada berbagai tips yang bisa diterapkan ketika berkendara saat hujan deras. Di antaranya, menyalakan lampu kendaraan, meningkatkan fokus dan kewaspadaan, hingga menjaga emosi. Memastikan lampu depan dan belakang menyala penting dilakukan.

Hal tersebut dilakukan agar pengendara dan sepeda dapat dilihat pengguna lain. Selanjutnya perlunya menjaga emosi saat berkendara, juga penting hal yang penting. Ketika di jalan, jangan pedulikan orang lain yang melaju kencang.

Anda harus fokus dan mengontrol emosi agar tetap stabil dalam berkendara. Lalu, apa saja tips lainnya ketika berkendara saat kondisi hujan ? Dilansir , menggunakan jas hujan mode single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika saat hujan.

Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Lebih baik, mulai merubah kebiasaan membawa jas hujan dobel agar lebih efektif. Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin.

Bisa manfaatkan engine brake untuk membantu pengereman. Jaga jarak kendaraan dengan kendaraan lainnya untuk menghindari pengereman mendadak. Pastikan lampu depan dan belakang motor menyala dengan baik.

Sehingga, terlihat oleh pengguna lain dan berkendara menjadi lebih lancar. Ketika hujan terlalu lebat, sebaiknya berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Jarak pandang menjadi terbatas, sehingga membuat pengendara harus lebih berhati hati.

Apapun kondisinya baik hujan ataupun tidak, yang terpenting bagi pengendara adalah selalu waspada dan jangan terlalu memaksakan. Dilansir , supaya lebih nyaman dan jarak pandang terjaga, gunakan helm ketika berkendara. Apalagi helm berstandar SNI dianjurkan untuk dipakai.

Konsentrasikan pikiran pada keadaan jalan raya. Jangan lupa cek spion, untuk melihat kendaraan yang ada di belakang. Maksimal 40 km/jam, ada baiknya tetap berada di satu jalur alias tidak berpindah pindah.

Penggunaan rem depan secara mendadak tidak dianjurkan, karena berpotensi membuat ban depan kehilangan grip karena jalan yang licin. Jangan pedulikan pengendara lain yang melaju kencang, tetap berkendara secara hati hati dan jangan mudah emosi. Anda juga perlu disiplin dalam berkendara agar peluang terjadi kecelakan semakin kecil.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Dilarang Bercelana Pendek Tiga Hari Pertama GIICOMVEC 2020 Khusus buat Pebisnis

– Penyelenggara pameran otomotif khusus kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *