Home / Kesehatan / Orang Pendiam & Pemalu Belum Tentu Introvert Ini Ciri-ciri Kepribadian Introvert & Ekstrovert

Orang Pendiam & Pemalu Belum Tentu Introvert Ini Ciri-ciri Kepribadian Introvert & Ekstrovert

Akhir akhir ini kepribadian introvert ramai diperbincangkan warganet di jagat maya. Ramainya kepribadian introvert merupakan buntut dari pengakuan beauty vlogger Indira Kalistha. Pasalnya, sosok Indira menuai kecaman publik setelah mengakui dirinya enggan memakai masker dan jarang mencuci tangan di masa pandemi ini.

Lalu, dirinya pun mengklarifikasi alasan mengatakan hal tersebut dengan dalih gugup dan mengaku introvert. Lalu apa ciri ciri dari orang yang memiliki kepribadian Introvert? Apa perbedaannya dengan orang ekstrovert?

Diketahui, introvert adalah tipe kepribadian yang sumber energinyalebih terfokus kepadadirinya sendiri. Hal ini pun dibenarkan oleh Psikolog Klinis dari Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, Citra Hanwaring Puri, S.Psi. Menurutnya, introvert adalah tipe kepribadian yang lebih menyukai aktivitas dilakukan secara sendiri atau mandiri.

Seperti memiliki karakter secara mental dalam kehidupannya lebih menyukai ketenangan dan menyendiri. Citra menuturkan, orang introvert adalah orang yang memahami gagasan dan pemikirannya lebih baik daripada orang ekstrovert. "Alasannya adalah karena orang introvert biasanya senang membaca, senang menulis, dan menganalisa."

Lalu, lanjut Citra, orang introvert lebih menikmati hal hal yang dilakukan untuk dirinya sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan, kepribadian ekstrovert adalah kebalikannya. Menurut Citra, kepribadian ekstrovert lebih menyukai aktivitas dengan banyak orang.

Ekstrovert juga lebih menyukai keramaian dan berinteraksi dengan hal hal yang baru. Citra juga menyampaikan, kepribadian introvert belum tentu pendiam dan pemalu. Menurut dia, tidak ada hubungannya antara orang pendiam dengan kepribadian introvert.

Namun, dia tak menampik kalau kepribadian introvert sering dikaitkan dengan orang yang pendiam. "Introvert sama pemalu tidak ada hubungannya." "Walaupun terkadang orang pemalu dan pendiam itu dihubungkan dengan orang introvert karena dia tertutup," terangCitra.

Citra menyampaikan, meski orang introvert cenderung tertutup, namun bisa juga berinteraksi dan bersosialisasi seperti orang ekstrovert. "Sebenarnya orang introvert itu bisa kok berinteraksi." "Tapi dia lebih nyaman saja dengan dirinya tanpa harus bekerja sama dengan orang lain," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, nama Indira Kalistha ramai diperbincangkan ketika tampil di kanal YouTube Gritte Agatha. Ia mengaku enggan mengenakan masker maupun mencuci tangan untuk mencegah penularan virus corona. "Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask, aku pakai setiap hari, ya. Kalau masker yang udara udara gitu, aku enggak pakai," kata Indira.

Bahkan, Indira mengaku baru memakai masker bila ditegur petugas di tempat publik. "Tapi kalau enggak ditegur, kita lepas lagi. Ini napas sayang sayang ditutup tutup gitu, lho, ya. Sesak, nih, dada juga sesak, ya," ucap Indira. Akibatnya, pernyataan Indira menuai kontroversi karena dianggap meremehkan Covid 19.

Pernyataannya juga dianggap menyinggung tenaga medis yang terus berjuang menyembuhkan pasien Covid 19. Banyak pihak menilai, pernyataan Indira tidak pantas dilontarkan karena dirinya adalah seorang influencer yang memiliki jutaan pengikut di media sosialnya. Setelah menjadi viral, Gritte pun menghapus video yang memuat pernyataan Indira agar tidak terjadi masalah berkepanjangan.

Gritte juga ikut meminta maaf atas atas video YouTube miliknya yang dianggap meremehkan pandemi Covid 19.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ini Kata Pakar Soal Itu Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat Covid-19 Diwawancarai Anji

Unggahan video youtuber sekaligus musisiErdian Aji Prihartanto atau Anji menuai sorotan banyak orang. Sebab, pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *