Home / Bisnis / Perang Dagang Kebijakan Presiden Donald Trump yang Tidak Waras Jusuf Kalla

Perang Dagang Kebijakan Presiden Donald Trump yang Tidak Waras Jusuf Kalla

Wakil Presiden Indonesia ke 10 dan ke 12 Jusuf Kalla (JK) menyatakan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China belum usai, sehingga masih menimbulkan ketidakpastian global. JK menjelaskan, perang dagang yang berlangsung lama merupakan wujud kebijakan Presiden AS Donald Trump yang dinilainya tidak waras. "Presiden yang waras tidak akan berbuat begitu. Diharapkan yang akan datang (pilpres AS 2020) terpilih Presiden yang waras," ujar Jusuf Kalla di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Menurut JK, perang dagang bisa berlangsung lebih lama hingga 2022 jika Trump kekeuh memungut tarif lebih atas barang China. "Pasti perang dagang berhenti akhir 2022. Kalau perang dagang itu barang China dipajaki, pendapatan AS turun dan industri kena juga," katanya. Disisi lain, JK menyarankan, pelaku usaha untuk menanamkan investasi dalam jangka panjang untuk mengantisipasi dampak perang dagang.

"Ini keadaan bisa sampai dua tahun lagi, pikirkan investasi yang menghasilkan dalam 4 hingga 5 tahun. Kita bertahan kalau berpikir tahun depan, bukan tahun ini," ujarnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Berikut Rinciannya 9 Agustus 2020 Stabil Rp 1.055.000 per Gram Harga Emas Minggu

Harga emas Antam pada Minggu (9/8/2020) kini stabil di angka Rp 1.055.000 per gram. Sementara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *