Home / Nasional / SD Kelas 4-6 TVRI 16 Juli Jawaban Soal Ayah Memelihara Ayam Sebanyak 40 Ekor dalam Satu Kandang

SD Kelas 4-6 TVRI 16 Juli Jawaban Soal Ayah Memelihara Ayam Sebanyak 40 Ekor dalam Satu Kandang

Berikut jawaban soal Ayah memelihara ayam sebanyak 40 ekor dalam satu kandang. 3/8 ayam jantan dan 1/5 bagian ayam betina tidak bertelur. Sisanya ayam betina bertelur. Ayam betina bertelur 1 butir setiap hari. Berapa butir telur yang dikumpulkan ayah dalam seminggu? Pertanyaan di atas merupakan soal nomor dua TVRI SD kelas 4 6 Belajar dari Rumah, Kamis (16/7/2020) materi Operasi Hitung Pecahan. Kunci jawaban soal TVRI 16 Juli 2020 SD kelas 4 6 ini ditujukan bagi orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar peserta didik.

Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4, 5, dan 6 materi Operasi Hitung Pecahan tayang pada pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB. Secara keseluruhan terdapat tiga soal dan jawaban TVRI SD kelas 4, 5, dan 6 yang bisa Anda simak. Berikut soal dan jawaban TVRI SD Kelas 4 6, Kamis (16/7/2020):

Jawaban Diketahui: Bolu untuk adik: 1/6 bagian

Bolu untuk kakak: 2/6 bagian Bolu untuk ayah: 1/6 bagian Ditanyakan: Berapa sisa kue bolu ibu?

Dijawab: Kue bolu yang dimakan:1/6 + 2/6 + 1/6 = 4/6 Sisa kue bolu = 6/6 4/6 = 2/6

Jadi sisa kue bolu ibu adalah 2/6 Jawaban Diketahui:

Jumlah ayam: 40 ekor Ayam jantan: 3/8 x 40 = 15 ekor Ayam betina: 40 15 = 25 ekor

Ayam betina yang tidak bertelur: 1/5 x 25 = 5 ekor Ayam betina yang bertelur: 25 5 = 20 ekor Ayam betina bertelur 1 butir tiap hari

Ditanya: Berapa butir telur yang dikumpulkan ayah dalam seminggu? Jawab: 20 ekor ayam betina x 7 hari = 140 butir telur

Jadi telur yang dikumpulkan ayah dalam seminggu sebanyak 140 butir. Jawaban Diketahui:

Kain diberikan kepada penjahit: 2/10 = 4/20 Dibuat untuk masker: 2/4 = 10/20 Kain yang sudah terpakai: 4/20 + 10/20 = 14/20

Ditanya: Berapa meter sisa kain ibu? Jawab: 20/20 14/20 = 6/20 = 3/10

Sisa kain: 20/20 14/20 = 6/20 = 3/10 Jadi sisa kain ibu 3/10 x 10 meter = 3 meter Soal dan kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak.

Dari materi belajar di rumah TVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak. Sehingga anak meraih kompetensi numerasi yakni mengembangkan pemahaman operasi hitung bilangan pecahan. Berikut jadwal TVRI Belajar dari Rumah Kamis, 16 Juli 2020 dikutip dari Kemdikbud.go.id:

Materi PAUD & Sederajat Kidi & Widi: Agar si Kecil Mau Mandi Materi SD Kelas 1 3 dan Sederajat

Matematika di Sekitar Kita Materi SD Kelas 4 6 dan Sederajat Operasi Hitung Pecahan

Materi SMP dan Sederajat Gambar Cadas Nusantara Bahasa Inggris

Lesson 2: Hello, I’m Anna! (Halo, saya Anna!) Materi SMA & Sederajat Konsep Eksponen

Beranda Pak RT Ketahanan Pangan Keluarga (RR) Film Pendek (RR): Polah; Elinah; Topo Pendem; Ilalang Ingin Hilang Waktu Siang; Ruah

Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.

Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.

Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.

Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Taruhannya Sangat Mahal Desak Pembelajaran Tatap Muka Dihentikan Legislator PKS

Klaster baru yang muncul akibat dibukanya pembelajaran tatap muka bagi sekolah di zona hijau dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *