Home / Kesehatan / Sebaiknya Ajukan Empat Pertanyaan Ini ke Dokter Sebelum Tindakan Operasi

Sebaiknya Ajukan Empat Pertanyaan Ini ke Dokter Sebelum Tindakan Operasi

Terkadang untuk menyembuhkan penyakit tertentu, seorang pasien diharuskan melakukan proseduroperasi. Namun, bagi Anda yang belum pernah melakukan proseduroperasitentu akan khawatir dan merasa canggung sesaat sebelum melakukanoperasi. Meski demikan, tenanglah, karenasebelumoperasiatau bahkan pemeriksaan traumatis,dokterhanya akan memberi tahu pasien dan keluarga tentang risiko penyakit danoperasi.

Selain itu, baik keluarga maupun pasien terkadang melakukan percakapan sebelum melakukanoperasi, dan mereka juga menandatangani formulir persetujuan bedah. Nah, selain itu bagi Anda yang hendak melakukan prosedur operasi sebaiknya juga bertanya mengenai 4 hal sebagai berikut. Melansir dariToutiao.com, simak 4 pertanyaan yang sebaiknya Anda ajukan berikut ini:

Setiap operasi yang bersifat invasif, akan menyebabkan kerusakan pada jaringan atau risiko. Jadi pertama tama, pastikan untuk memahami risiko, biaya kerusakan, dan manfaat operasi atau bahkan operasi lain yang mungkin Anda terima. Pertanyaan yang mungkin konyol, namun tak ada salahnya Anda mencobanya karena ini sangat penting.

Karena operasi invasif bukanlah satu satunya pilihan, tetapi salah satu dokter mungkin akan menemukan yang terbaik. Selain itu, jika memang ada opsi lain Anda juga perlu mempertimbangkan metodenya bandingkan kekurangan dan kelebihannya daripada melakukan operasi. Banyak risiko operasi terkait erat dengan anestesi.

Anda harus berhati hati dengan anestesi Anda sendiri sebelum melakukan operasi. Pertanyaan ini umumnya memerlukan ahli khusus anestesi untuk bertanya, dan ahli anestesi pra operasi akan secara umum melakukan percakapan pra anestesi. Pada saat itu, Anda bisa bertanya mengenai risiko anestesi, juga pilihan lain untuk dipilih serta kelebihan dan kekurangannya.

Sebagian besar pasien atau keluarga mereka akan memerhatikan operasi dan anestesi itu sendiri. Bahkan penting, untuk memahami apa yang terjadi selama proses pemulihan pascaoperasi. Itulah beberapa hal yang sebaiknya perlu Anda pertanyakan sebelum melakukan prosedur operasi.

Sebelum operasi, semua orang akan memiliki pemahaman tentang kondisi, ukuran rumah sakit, kualifikasi ahli bedah, dan biaya operasi. Meski demikan, pertanyaan ini juga penting diajukan sebelum memulai prosedur operasi.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Kenali Penyakit Preeklamsia yang Hanya Terjadi pada Saat Kehamilan

Ada penyakit yang hanya terjadi pada masa kehamilan saja, yang disebut dengan penyakit preeklamsia. Setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *