Home / Otomotif / Sudah Kompresi Tinggi & Oli Sedikit All New Honda BeAT Gampang Overheat

Sudah Kompresi Tinggi & Oli Sedikit All New Honda BeAT Gampang Overheat

All New Honda BeATmenggunakan generasi mesin eSP generasi terbaru. Mesin ini menggunakan konfigurasi bore x stroke 47 x 63,1 mm dengan kapasitas total 109,5 cc. Kompresinya juga meningkat jadi 10:1 dari sebelumnya hanya 9,5:1.

Yang menarik kapasitas olinya juga berkurang dari 800 ml menjadi 650 ml saja. Lalu pertanyaannya apakah mesin di Honda BeAT terbaru ini bakal mudah panas? "Tidak dong, karena kompresi 10:1 masih tergolong rendah di mesin mesin 4 tak injeksi," buka Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

"Selain itu di mesin generasi terbaru ini ada teknologi baru bernama Oil Jet," tambahnya. "Oil jet merupakan sebuah pipa logam yang terhubung dengan pompa oli ini terletak di area mulut crankcase," tambahnya. "Jadi nantinya akan ada oli menyembur dari pipa tersebut ke area belakang piston," tambah Endro yang ramah.

"Nantinya pelumasan oli lebih maksimal, lebih dingin dan lebih licin jadinya aman dari panas mesin berlebihan," tambah Endro lagi. Teknologi ini pertama muncul di Honda Genio yang meluncur pada pertengahan 2019 lalu.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Harganya dari dari Rp 954 Juta Mazda CX-9 Terbaru Kini Punya Sistem AWD

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memperkenalkan model terbaru SUV CX 9 di jajaran line up …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *