Home / Otomotif / Volvo Bus Kenalkan Chassis B11R ke Pengusaha Transportasi Antarkota dan Chassis B8RLE untuk Bus Kota

Volvo Bus Kenalkan Chassis B11R ke Pengusaha Transportasi Antarkota dan Chassis B8RLE untuk Bus Kota

Volvo Bus memanfaatkan momentum penyelenggaraan pameran kendaraan komersial Busworld Southeast Asia 2019 untuk memperkenalkan chassis bus terbaru B11R ke kalangan pengusaha transportasi antarkota dan bus low entry Volvo B8RLE untuk transportasi bus kota, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3/2019). Chassis bus terbaru B11R sebelumnya telah sukses diluncurkan di pasar dan dioperasikan sebagai armada Transjakarta busway di DKI Jakarta sejak sekitar setahun terakhir.Kini chasis ini diperkenalkan ke kalangan pengusaha otobus untuk menjadi armada bus antarkota. Mr Akash Passey, Senior Vice President Volvo Bus Region International mengatakan,Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan modern untuk bus. Hal ini membawa peluang signifikan bagi operator bus dan produsen bus untuk mendukung kemajuan transportasi darat melalui bus yang berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan.

"Kami sangat senang memperkenalkan produk terbaru kami, Volvo B8R dan Volvo B11R, di Indonesia. Bus bus ini telah membuktikan kinerjanya dengan berbagai permintaan pelanggan di beberapa negara dan pastinya juga memenuhi persyaratan pasar bus di Indonesia,” ungkap Mr Akash Passey. Sejak dioperasikan pertama kali di 2018, lebih dari 100 bus Volvo B11R telah beroperasi sebagai armada bus rapid trans TransJakarta. Dengan chasisnya yang panjang dengan menggerak roda 6×2, Volvo B11R mampu mengangkut hingga 90 penumpang. Akash Passey menambahkan,Volvo Bus memiliki pengalaman luas dalam sistem Bus Rapid Transport (BRT), sejak mempelopori konsep ini lebih dari 40 tahun yang lalu di Curitiba, Brasil.

Menurutnya, BRT adalah solusi angkutan massal yang terbukti efektif dan berkapasitas tinggi; memberikan kinerja setara kereta metro dengan biaya dan kompleksitas yang rendah. "Volvo Bus merasa sangat terhormat atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi bagian dari busway TransJakarta,” ungkap Akash Passey. Di booth nya di pameranBusworld Southeast Asia 2019,Volvo Bus memamerkan 2 unit bus Volvo B11R, masing masing dalam aplikasi karoseri Ultra High Deck (USD) Jetbus 3 dengan karoseri Adi Putro, Malang, dan bus double decker dengan karoseri Laksana. Bus Volvo B11R dibekali mesin diesel commonrail berkapasitas 11 liter dengan tenaga maksimum 430 horse power.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi I Shift AMT 12 speed dariVolvo Bus yang memberikan kinerja optimal untuk dioperasikan sebagai bus mewah antarkota maupun armada bus pariwisata premium yang memberikan sensasi perjalanan yang menyenangkan bagi penumpang. Di pameran Busworld Southeast Asia 2019, Volvo Bus juga memamerkan bus Volvo B8RLE low entry model dengan karoseri dari Laksana, Ungaran, Jawa Tengah. Bus ini ideal dioperasikan sebagai armada bus kota yang ramah terhadap penumpang anak anak dan difabel karena lantai kabinnya yang rendah. Pemasaran chassis bus Volvo B11R dan B8RLE di Indonesia dipercayakan oleh Volvo Bus kepada anak usaha Indomobil, PT Indotruck Utama.

Penulis: Choirul Arifin

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Dibanderol dari Harga dari Rp 80 Juta Harga Mobil Bekas MPV Premium Makin Turun

Harga mobil bekas merek Toyota Previa kini makin murah. DatapricelistdiGridoto.commenunjukkan harga mobil bekas Toyota Previa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *